Air adalah Kehidupan. Selamatkan atau Tidak Samasekali !

     Air merupakan komponen terpenting dalam hidup kita. Mari kita analisis 60% dari tubuh kita adalah air tapi tidak hanya sebatas itu dalam organ-organ vital yang lainnya juga mengandung air seperti : Otak (73%), paru-paru (83%), jantung (73%), hati (71%) dan ginjal (79%) ke semuanya mengandung jumlah air yg lebih tinggi dari tulang (31%). Maka dari itu ada slogan yang mengatakan "Lebih baik hidup tanpa makanan daripada tanpa minuman". Karena berdasarkan penelitian, manusia akan bertahan hidup tanpa minuman (air) selama 3-5 hari sedangkan tanpa makanan bisa selama 10-14 hari. Dari analisis ini semua menandakan kita tak ada ada apa-apanya tanpa air  Tanpa air manusia tak akan dapat hidup begitu juga dengan makhluk hidup lainnya. Jika tak ada makhluk yang hidup, bagaimana kehidupan di dunia ini dapat berjalan. Untuk itu, air merupakan sumber dari segala sumber.

    Jika sumber yang terpenting ini tercemar atau bahkan menjadi langka, dapat dijamin kehidupan tidak akan stabil lagi. Banyak penyakit baru yang mulai timbul dan hidup seakan kotor dan tidak sehat.

      Memang benar kalau di bumi ini yang mendominasi adalah air sehingga orang berfikir air tak akan habis, tetapi air bersih bisa. Yang dimaksud air bersih adalah air (tawar) yang layak digunakan untuk keperluan manusia, mulai dari minum, mandi, mencuci, dsb. Meskipun 70% permukaan bumi tertutupi air  namun dari jumlah tersebut 97,5% merupakan air laut dan hanya 2,5% yang merupakan air tawar. Air laut tentunya tidak layak dikonsumsi karena kadar garamnya tinggi. Untuk mengubahnya menjadi air awar diperlukan proses desalinasi yang mahal.

     Padahal dari persentase 2,5% air tawar yang ada di bumi, sejumlah 69% air tersimpan di glester kutub dan 30% merupakan air tanah, keduanya sulit diakses manusia. Hanya 1% sisanya yang berupa air permukaan (sungai, danau dan rawa). Bayangkan, itu artinya air bersih yang bisa diakses manusia dengan mudah HANYA SATU PERSEN dari total cadangan air di bumi. Dan jumlah tersebut masih harus dibagi lagi kepada 6 milyar penduduk bumi.

    Fakta bumi pun menunjukkan bahwa banyak daerah yang kekeringan. Di Indonesia bahkan di dunia, ada saja daerah yang kekeringan air  Padahal air di bumi ini melimpah, itu terjadi karena ketidakseimbangnya ekosistem lagi karena air yang telah tercemar sehingga membuat air menjadi keruh dan pada saat musim kemarau akan menyebabkan kekeringan yang begitu menyusahkan bagi yang semua makhluk yang membutuhkan air.






Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ketersediaan air bersih adalah dengan Konservasi Sumber Daya Air atau bisa kita sebut sebagai upaya pelestarian dan perlindungan sumber daya air yang ada di bumi. Efisiensi penggunaan air bersih serta melindungi dan menjaga kebersihan sumber daya air seperti sungai dan air pegunungan merupakan cara-cara yang bisa dilakukan dalam upaya konservasi sumber daya air.

    Selain itu, kelestarian tumbuhan yang berfungsi sebagai penahan air tanah juga harus dijaga. Hutan sebagai kawasan yang memiliki beragam variasi tumbuhan menyimpan kekayaan sumber daya alam yang beragam, termasuk sumber daya air di bawahnya. Memusnahkan hutan sama saja dengan memusnahkan ekosistem yang hidup di dalamnya, termasuk juga menghilangkan kesempatan agar bumi memiliki lebih banyak sumber daya air.

    Blogger juga dapat berperan dalam pelaksanaannya karena blogger merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang seharusnya juga ikut bertanggung jawab dalam pelaksanaan Konservasi Sumber Daya Air  Dalam pelaksanannya, blogger memiliki dua fungsi sekaligus yaitu sebagai pelaksana dan sebagai pengawas. Selain itu, blogger juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan propaganda dan pengetahuan akan pentingnya konservasi Sumber Daya Air kepada masyarakat umum.

    Sebagai pelaksana, blogger juga mengambil bagian dari masyarakat dengan melaksanakan fungsi-fungsi pemeliharaan sumber daya air  Blogger juga sepatutnya menjadi panutan dari masyarakat. Selain mempropagandakan pentingnya konservasi sumber daya air  blogger bisa mencontohkan secara langsung kegiatan nyata yang telah dilakukan kemudian mempublikasikannya dalam blog.

     Dalam fungsi pengawasan, blogger berfungsi untuk mengiringi kegiatan konservasi sumber daya air yang telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat dengan menuliskan kegiatan-kegiatan konservasi yang telah dilakukan. Blogger bisa melaporkan jika terdapat pelanggaran-pelanggaran yang bisa menyebabkan hilangnya sumber daya air disertai bukti yang akurat dalam blognya. Selain itu, blogger juga bisa mempostingkan ke dalam blog hasil dari program konservasi sumber daya air yang telah dilakukan.


    Fakta lain yang tejadi di zaman sekarang, air yang tercemar sudah tidak bisa dihindari lagi, manusia pun yang seperti biasanya menggunakan air tidak bisa menjamin air yang digunakan bersih atau tercemar, karena di di belahan bumi manapun air telah tercemar, yang membedakannya hanya tingkat tercemarnya air tersebut. Bahkan dari 1% itu, beberapa persen sudah tercemar dan tidak layak digunakan lagi. Dengan kondisi seperti ini sadarlah wahai manusia, apa yang telah kamu perbuat kepada air dan bila sudah begini tak inginkah kamu untuk menghemat air dan mengubah pola hidupmu agar kamu tidak membuang sesuatu lagi ke air?


Untuk diketahui agar manusia tidak lalai lagi dalam membuang sesuatu (komponen pencemar air  dan berfikir harus dikemanakan komponen-komponen ini. Berikut adalah komponen pencemar air :
  1. Bahan Buangan Padat, misalnya sampah. Buangan tersebut bila dibuang ke air menjadi pencemaran dan akan menimbulkan pelarutan, pengendapan ataupun pembentukan koloidal.
  2. Bahan buangan organik dan olahan bahan makanan, umumnya berupa limbah yang dapat membusuk atau terdegradasi oleh mikroorganisme, sehingga bila dibuang ke perairan akan menaikkan populasi mikroorganisme.
  3. Bahan buangan anorganik, umumnya adalah logam. Apabila masuk ke perairan, maka akan terjadi peningkatan jumlah ion logam dalam air  Bahan buangan anorganik ini biasanya berasal dari limbah industri.
  4. Bahan buangan cairan berminyak, yang dibuang ke air lingkungan akan mengapung menutupi permukaan air  Lapisan minyak pada permukaan air dapat terdegradasi oleh mikroorganisme tertentu, tetapi membutuhkan waktu yang lama.
  5. Bahan buangan berupa panas, perubahan kecil pada temperatur air lingkungan akan mempercepat proses biologis pada tumbuhan dan hewan bahkan akan menurunkan tingkat oksigen dalam air. Akibatnya akan terjadi kematian pada ikan atau akan terjadi kerusakan ekosistem.
  6. Bahan buangan zat kimia, dikelompokkan menjadi :
  • Sabun (deterjen, sampo dan bahan pembersih lainnya),
  • Bahan pemberantas hama (insektisida),
  • Zat warna kimia,
  • Zat radioaktif.
     Dengan kecanggihan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sekarang, maka lahirlah alat yang bernama Pure it yang dapat memurnikan air dan membunuh kuman yang terkandung di dalam airPure it ini adalah terobosan dari water purifier. Hasilnya tidak jauh berbeda dengan air yang direbus, hanya saja Pure it ini lebih praktis karena tidak menggunakan gas, listrik dan galon. 


Proses kerja pemurnian air dibagi ke dalam 4 tahap:

Tahap 1: Saringan Serat Mikro – menghilangkan semua kotoran yang terlihat

Tahap 2: Filter Karbon Aktif – menghilangkan pestisida dan parasit berbahaya

Tahap 3: Prosesor Pembunuh Kuman – menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air

Tahap 4: Penjernih – menghasilkan air yang jernih, tidak berbau, dengan rasa yang alami


Komponen 2-3-4, dalam satu rangkaian disebut Germkill Kit, yang harus diganti setelah memurnikan 1500 liter air.

IngatAir yang dimasukkan ke dalam Pure it adalah air yang biasa Anda rebus untuk diminum.

     Jadi tunggu apa lagi? Kita sudah memiliki alat-alat dan cara bagaimana untuk menyelematkan air terlebih untuk kehidupan kita sehari-hari. Mari kita melakukan apa yang bisa kita lakukan mulai dari sekarang. Kita selamatkan air saat ini untuk kehidupan yang lebih baik di masa yang sudah menanti.


Sumber :

https://www.facebook.com/notes/nestle-pure-life-indonesia/air-adalah-komposisi-utama-pada-tubuh-manusia/260018024046194

http://sarahyess.wordpress.com/2012/03/03/berapa-lama-manusia-bisa-bertahan-tanpa-makan-dan-minum/

http://umihabibah.com/mengapa-harus-hemat-air/

http://duniamuam.wordpress.com/2011/12/30/selamatkan-air-selamatkan-kehidupan/
http://minamini.wordpress.com/tag/komponen-pencemaran-air/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Ngegosip Itu Asyik?

Blogger mereview postingan bulan Mei 2012